Minggu, 28 April 2013

Kaca Spion

Kaca Spion adalah cermin yang ditemukan pada bagian luar kendaraan bermotor untuk membantu pengemudi melihat area di belakang dan di sisi kendaraan, di luar penglihatan pengemudi atau pada saat memundurkan kendaraan, ataupun untuk melihat kebelakang pada saat akan membelok/pindah lajur lalu lintas. Sangatlah penting selama mengemudi untuk melihat kaca spion setiap 5 sampai 8 detik.

Setiap kendaraan bermotor menggunakan beberapa kaca spion sekaligus untuk memperluas pandangan dan mengurangi titik buta pengemudi seperti:
• Mobil/bus
o Tengah diatas dashboad
o Pada pintu ataupun fender (bagian mobil atas roda) kiri dan kanan
• Truk
o Pada bagian atas jendela kanan dan kiri dengan kaca spion majemuk
• Sepeda Motor
o Pada stang kiri dan kanan

berbagai perangkat dipasang untuk meningkatkan peranan kaca spion bagi pengemudi yaitu Menggunakan cermin tambahan/Blackspot mirror atau Menggunakan kamera video.
Tombol Pengatur spion

Kaca Spion dapat disesuaikan sehingga dapat menyediakan cakupan yang memadai untuk tinggi dan posisi duduk yang berbeda pengemudi dengan manual atau mekanik melalui kabel atau motor listrik. Kaca Spion juga dapat dipanaskan dengan listrik.untuk mengurangi silau pada malam hari dari lampu depan kendaraan biasanya digunakan bahan cermin prismatik atau dengan sistem elektrik.lampu spion dapat juga dipasangi lampu belok. Ada bukti yang menunjukkan lampu belok dipasang di kaca spion lebih efektif dari pada dipasang sebelumnya di sisi fender
.
Sejarah

di awal 1900-an sewaktu mobil masih merupakan barang baru, dan balap mobil baru mulai berkembang, setiap peserta balap mobil selalu membawa mekanik.

Tugas mekanik ini adalah untuk memperbaiki mobil kalau rusak sewaktu balapan. Dengan makin berkembangnya teknologi, mesin mobil jadi lebih canggih dan jarang rusak dan mekanik tidak lagi diperlukan.

Fungsi mekanik ini kemudian berubah menjadi "pengamat" yang membantu pengemudi. Jadi mekanik ini kemudian bertugas mengamati keadaan di belakang mobil mereka, supaya pengemudi bisa tahu kalau ada mobil peseerta lain yang akan "menyalip" mereka. Setiap mobil yang ikut balap mobil pada era tersebut selalu membawa dua penumpang, satu bertugas mengemudikan mobil dan satu lagi bertugas mengamati keadaan di belakang mereka.

Kemudian di tahun 1911 di lomba balap Indianapolis 500 seorang pembalap bernama Ray Harroun kesulitan mencari mekanik untuk menjadi pengamat untuk mengawasi keadaan dibelakang. Sebagai jalan keluar dia kemudian memasang cermin di mobilnya. Dengan memakai cermin ini dia bisa melihat kalau ada peserta balap lainnya yang akan mendahului atau nyalip. Karena beban yang diangkut lebih ringan, mobilnya bisa jalan lebih cepat dan akhirnya dia memenangkan lomba balap tersebut. Di tahun berikutnya semua mobil peserta balapan memasang Kaca Spion di mobil mereka hingga penggunaan ini akhirnya meluas hingga ke produksi massal mobil dan motor.

Haroun mengakui dirinya mendapatkan ide setelah melihat cermin yang juga di gunakan oleh kereta kuda pada tahun 1904. Ide penggunaan cermin ini sebenarnya sudah pernah di lontarkan oleh pengarang buku Dorothy levitt dalam bukunya yang berjudul The Woman and The Car .

Referensi
-http://panjz-online.blogspot.com/2013/02/benda-kecil-penyelamat-itu-bernama-spion.html
-http://en.wikipedia.org/wiki/Wing_mirror
-http://id.wikipedia.org/wiki/Kaca_spion

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!