Rabu, 03 April 2013

Electric Power Steering

 
Electric Power Steering adalah sistem kemudi yang menggunakan motor listrik untuk memperingan kemudi.mobil yang menggunakan sistem ini contohnya toyota yaris,toyota avanza,toyota vios.

karena dengan mengaplikasikan electronic computer unit dalam mengatur putaran motor sesuai dengan gerak kemudi dan tidak membebani mesin, sehingga putaran kemudi menjadi lebih responsif dan konsumsi bahan bakar menjadi irit. Keuntungan lainnya, Electric Power Steering dapat lebih hemat dalam biaya perawatan (free maintenance) dan didesain tidak mudah rusak karena sudah tidak menggunakan komponen-komponen seperti pada sistem hidraulik power steering (HPS).

Terdapat 2 jenis Electric Power Steering yaitu

1. Fully Electric, secara langsung gerakan kemudi dibantu oleh motor elektrik, yang letaknya tidak menempel pada mesin melainkan pada steering column.

2. Semi Electric, motor elektrik sebagai pendorong sistem hidraulik dan masih memerlukan minyak agar gerakan kemudi menjadi ringan, letaknya juga telah tidak menempel di mesin.

Cara kerja

Pada saat kunci dihidupkan Control Module akan dalam posisi stand by dan lampu indikator elektrik power steering akan hidup. Noise Suppressor segera menginformasikan pada Control Module untuk mengaktifkan motor listrik dan clutch pun langsung menghubungkan motor dengan batang setir.dibelakang steer terdapat Torque Sensor yang menseteksi gerakan setir.informasi dari Control Module akan diirim ke Control Module.kemudian Control Module memberi listrik ke motor listrik sesuai kebutuhan.

Untuk keamanan pada biasanya saat mobil melampaui 80km/jam,motor elektrik akan dinonaktifkan oleh Control Module.Control Module juga berfungsi jika terjadi kerusakan.jika terjadi kerusakan panel akan menyala.dan control mosule menonakatifkan motor listrik.clutch akan melepas hubungan motor dengan batang setir.tetapi setir masih terhubung ke sistem kemudi sehingga mobil masih dapat dikedalikan.

Referensi

- http://www.liektoyota.com/2011/12/electric-power-steering-eps-sistem-kemudi-lebih-responsif/
- http://sbtoyota.blogspot.com/2013/02/jenis-power-steering-mobil.html
- http://www.alpensteel.com/article/53-101-energi-terbarukan--renewable-energy/2208--sistem-perubahan-proses-kerja-power-steering-.html

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!