Senin, 06 Mei 2013

Mobil Sedan


Sedan adalah sebuah jenis mobil penumpang dengan 3 macam konfigurasi dengan Pilar A, B, dan C. Bagian untuk penumpang terdiri dari 2 baris tempat duduk dengan kapasitas sampai dengan 5 orang. Untuk barang biasanya diletakkan di belakang, kecuali untuk beberapa mobil yang mesinnya diletakkan di belakang seperti Renault Dauphine, Tatra T613, Volkswagen Type 3 dan Chevrolet Corvair. Merupakan salah satu bentuk mobil yang paling umum. Termasuk didalamnya kategori sedan sport.

Jenis berdasarkan bentuk

Beberapa versi mempunyai desain berbeda, termasuk empat pintu, dua pintu dan fastback varian dari keduanya.

sedan memiliki atap sampai ke jendela belakang. pada mobil sedan Struktur atap biasanya akan memiliki pilar B. Paling sering itu adalah empat pintu, model dua pintu jarang, tetapi lebih menjadi historis. Di AS, istilah sedan telah digunakan untuk menunjukkan mobil dengan bingkai jendela tetap, yang bertentangan dengan desain hardtop tanpa pilar B. Namun, hardtops benar telah menjadi semakin langka.

Sedan empat pintu dapat memiliki dua atau tiga jendela samping: Salah satu di setiap pintu (ventilasi jendela tidak dihitung), dan ketiga mungkin terintegrasi dalam pilar C.

Notchback
Sebuah sedan notchback adalah sedan tiga kotak, dimana volume penumpang jelas terpisah dari volume bagasi kendaraan (jika dilihat dari samping). Atap pada satu bidang datar, umumnya sejajar dengan tanah, jendela belakang mempunyai sudut tajam ke atap, dan tutup bagasi juga sejajar dengan tanah.

Hardtop
 Dalam terminologi sejarah, adalah sedan yang memiliki bingkai di sekitar jendela pintu, sedangkan Hardtop memiliki pintu kaca tanpa bingkai. Sebuah desain sedan Hardtop juga tidak memiliki pusat atau pilar B. Ini desain yang menawarkan visibilitas yang lebih besar. Namun, itu membutuhkan penguatan bagian bawah bodi untuk kekakuan struktural. Desain hardtop dapat dianggap terpisah (yaitu, kendaraan bisa hanya disebut Hardtop empat pintu), atau dapat disebut sedan Hardtop. Selama tahun 1960 dan 1970-an, sedan Hardtop sering dijual sebagai sedan sport oleh beberapa produsen Amerika. Selama tahun 1980, mobil di AS difokuskan pada menghilangkan berat badan dan meningkatkan kekuatan, dan baru sedan empat pintu dengan B-pilar yang disebut hardtops berpilar atau sedan berpilar. Istilah sedan sport sejak itu telah disesuaikan untuk keperluan lainnya. Di Jepang desain hardtop digunakan untuk beberapa tipe sedan mewah selama tahun 1990-an.

Fastback
 Sebuah sedan fastback adalah sedan dua kotak, dengan kemiringan terus menerus dari atap ke dasar tutup bagasi, tetapi tidak termasuk fitur hatchback. penyebutan pemasaran sering berbeda misalnya, Daimler AG menyebut Mercedes-Benz CLS-Class sedan coupĂ© empat pintu karena desainnya semi-fastback yang mencoba untuk memberikan kesan sebuah coupĂ©. Biasanya desain ini dipilih untuk keuntungan aerodinamis.Sedan tertentu desainnya mirip untuk menjadi kendaraan satu kotak, di mana kaca depan yang curam dari kap dan kemudian miring menuju jendela belakang hampir akhir dari mobil, meninggalkan hanya dek belakang pendek yang merupakan bagian dari tutup bagasi , 2006 4 pintu JDM Honda Civic adalah contoh dari ini. itu bukan fastbacks karena perubahan Bodyline mereka dari atap ke dek belakang,desain Tajam meraup jendela bagian belakang mereka dengan penutup bagasi yang tidak terus turun ke bumper. Sebaliknya, ujung belakang mereka tinggi - kadang-kadang dalam gaya Kammback - untuk menambah ruang bagasi.

Hatchback
 Hatchback (atau liftback) sedan biasanya memiliki desain fastback,seluruh belakang menjadi pintu dan dibuka ke atas menggunakan liftgate.Sebuah kendaraan dengan empat pintu penumpang dan liftgate pada bagian belakang dapat disebut hatchback empat pintu, empat-pintu hatchback sedan, atau sedan lima pintu. Salah satu contoh adalah Chevrolet Malibu Maxx dan Audi A5 Sportback. Ada juga dapat sedan hatchback dua pintu (sedan tiga pintu), dengan penjelasan teknis yang sama untuk sedan dua pintu. Contoh desain ini adalah Volkswagen Golf, dan Chevrolet Chevette.

Limusin
Sebenarnya sedan limusin memiliki kompartemen terpisah untuk pengemudi dan kompartemen penumpang yang cukup panjang agar nyaman, menghadap ke bangku. Kendaraan menggunakan desainnya biasanya Lincoln Town Car, Cadillac, Mercedes, atau Rolls-Royce atau Maybach atau mobil mewah. Istilah limusin dapat merujuk pada sedan besar, terutama jika disewa dari layanan. Limusin sopir terutama digunakan oleh individu untuk pernikahan, bisnis, serta untuk bandara dan transportasi wisata. Sopir adalah driver profesional, biasanya dengan pengalaman dalam industri transportasi atau industri pariwisata. Sedan sopir dimiliki baik oleh pemilik swasta, jasa livery, atau perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah biasanya memberikan sedan mewah untuk eksekutif, serta tamu VIP. Limosin, seperti Lincoln Town Car, membentang yang mampu menampung hingga dua puluh orang.

Klasifikasi sedan

Full-size/Mid-size
Opel
Sebuah kelas digambarkan sebagai "full-size" di Eropa dan "mid-size" di Amerika Serikat, mobil ini memiliki ruang untuk lima orang dewasa dan bagasi besar . Mesin lebih kuat daripada keluarga / kompak mobil kecil dan mesin enam silinder lebih umum daripada di mobil yang lebih kecil. Ukuran mobil bervariasi dari daerah ke daerah, di Eropa, mobil keluarga besar jarang lebih dari 4700 mm, sedangkan di Amerika Utara, Timur Tengah dan Australasia mereka mungkin lebih dari 4800 mm.
Contoh mobil keluarga besar / mobil mid-size:
• Chevrolet Malibu
• Ford Mondeo
• Hyundai Sonata
Kategori ini setara dengan EuroNCAP kelas "Large Family Cars". Ini dikenal di Australia sebagai mobil berukuran sedang.

Eksekutif kompak
Lexus IS
Ini adalah setara mewah untuk mobil mid-size dan kompak. Ruang kursi belakang dan ruang bagasi lebih kecil dari mobil eksekutif , lebih kecil mereka secara keseluruhan.
Contoh mobil premium kompak / entry level mobil mewah:
• Audi A4
• BMW Seri 3
• Buick Lacrosse
Kategori ini setara dengan EuroNCAP kelas "Large Family Cars".

Full-size
Lincoln Town Car

Istilah ini digunakan kebanyakan di Amerika Utara, Timur Tengah dan Australia dimana ia menyebut terbesar sedan terjangkau di pasar. Mobil ukuran penuh mungkin lebih dari panjang 4900 mm.
Contoh mobil ukuran penuh:
• Dodge Charger
• Chevrolet Impala
• Holden Commodore

Eksekutif / mid-mewah
BMW Seri 5

Ini adalah mobil mewah dengan ukuran penuh. Hal ini juga mengacu pada hatchback terbesar dalam panjang yang sama di kelas ini, seperti Porsche Panamera .
Contoh mobil eksekutif / mobil mid-luxury:
• Chrysler 300
• Mercedes-Benz E-Class
• MG Magnette
Kategori ini setara dengan EuroNCAP kelas "Eksekutif Mobil".

Full-size luxury / Grand saloon
BMW Seri 7

Juga dikenal sebagai mobil full-size mewah, saloons besar, atau mobil besar premium, sementara di jerman disebut Oberklasse. Biasanya sedan empat pintu (sedan). Ini adalah sedan paling kuat, dengan enam, delapan dan mesin dua belas silinder dan memiliki peralatan lebih dari model yang lebih kecil.
Contoh sedan full-size:
• A8
• Cadillac XTS
• Mercedes-Benz S-Class
Kategori ini setara dengan EuroNCAP kelas "Eksekutif Mobil".

Saloon sport / sedan sport
Opel OPC

Ini adalah versi peforma tinggi dari sedan. Kadang-kadang awalnya update untuk motor berbasis produksi ( touring mobil atau mobil reli ) dan seperti biasa saloons, kursi empat atau lima orang.
Contoh sport saloon / sedan sport:
• BMW M5
• Mazdaspeed6 / Mazda 6 MPS
• Ford Mondeo ST200
Contoh sport saloon / sedan sport kompak :
• Dodge SRT-4
• Lotus Cortina
• Nissan Sentra SE-R Spec V

Mobil Estate / Station wagon
Audi A6 avant

Sebuah station wagon (juga dikenal sebagai real estate atau mobil) adalah sebuah mobil dengan desain varian sedan / sedan dengan atap belakang diperpanjang atas sehingga volume penumpang / kargo dapat di akses dari pintu belakang melalui pintu ketiga atau kelima ( dibuka dengan liftgate atau tailgate ), tapi bukan tutup bagasi. desain mengubah standar tiga kotak desain dalam dua kotak desain untuk menyertakan sebuah A, B, dan C-pilar , serta D-pilar. Station wagon fleksibel dapat mengkonfigurasi ulang Volume interior mereka melalui kursi belakang flip-down untuk memprioritaskan baik penumpang atau volume kargo.
Contoh perkebunan / station wagon:
• Hyundai i40 Tourer
• Jaguar XF Sportbrake
• Mercedes-Benz CLS Shooting Brake

Referensi
-en.wikipedia.org/wiki/sedan(automobile)
-id.wikipedia.org/wiki/sedan
-en.wikipedia.org/wiki/Car_classification

2 komentar:

  1. Just info, SUV vs MPV vs Sedan vs Hatchback, Pilih yang Mana? - Mobil telah menjelma menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mereka yang cukup sibuk. Jika sudah demikian, tinggal tunjuk jenis mobil apa yang anda inginkan. Pada dasarnya penciptaan mobil tak terlepas dari kehendak konsumen. Maka dari itu, varian mobil yang telah bejubel di pasaran tak lain dan tak bukan hanya untuk menuruti selera dan kebutuhan kita. Sebagimana halnya beberapa jenis mobil yang banyak beredar di kalangan kita, di antaranya jenis SUV, MPV, Sedan dan Hatchback. Keempat jenis mobil tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu sama lainnya yang tentunya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda. mana mobil penumpang terbaik ?

    btw, great post, salam kenal ya :)

    BalasHapus

  2. https://chikenking.net/2019/04/29/arena-nx2-wala-ayam-putih-menang-hoki
    Arena NX2 Wala Ayam Putih Menang Hoki (live)
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus

Tolong beri komentar!