Kamis, 16 Mei 2013

Mesin tengah

Mesin tengah adalah peletakan posisi mesin mobil di antara sumbu roda depan dan sumbu roda belakang.


Pada tata letak Mesin tengah distribusi berat lebih merata berat mesin lebih merata sehingga, stabilitas kendaraan, traksi meningkat.berat lebih dekat ke pusat kendaraan sehingga mengurangi momen inersia kendaraan dan membuatnya lebih mudah dan lebih cepat bergerak.

Peletakan mesin di tengah dapat memberikan beban tambahan untuk roda belakang,sehingga memiliki lebih banyak traksi dan memberikan bantuan ban depan dalam pengereman kendaraan.Pada penggerak roda belakang tambahkan berat pada ban belakang juga dapat meningkatkan akselerasi di permukaan licin, memberikan banyak manfaat dari semua roda tanpa beban tambahan dan biaya komponen roda. Tata letak Mesin tengah membuat ABS dan sistem kontrol traksi bekerja lebih baik, dengan menyediakan lebih banyak traksi untuk dikontrol.Desain Mesin tengah juga merupakan cara untuk memberikan tambahan ruang kosong di depan mobil antara bumper dan kaca depan, yang kemudian dapat digunakan dalam tabrakan untuk menyerap lebih banyak benturan,meminimalkan dampak penetrasi ke dalam kompartemen penumpang kendaraan.

Dalam kebanyakan mobil, dan mobil sport khususnya, penanganan mobil yang ideal membutuhkan traksi seimbang antara roda depan dan belakang saat menikung untuk memaksimalkan kemungkinan kecepatan di tikungan tanpa meluncur keluar. Keseimbangan ini lebih sulit untuk mencapai saat beban berat mesin terletak jauh ke depan atau jauh ke belakang kendaraan. Beberapa desain mobil berusaha untuk menyeimbangkan distribusi berat depan dan belakang dengan cara lain, seperti menempatkan mesin di depan dan transmisi dan baterai di belakang kendaraan.

Manfaat lain datang ketika massa berat mesin terletak dekat dengan bagian belakang kursi. Itu membuat suspensi lebih mudah untuk menyerap getaran sehingga lebih nyaman. Namun dalam mobil sport posisi mesin sekali lagi digunakan untuk meningkatkan peforma.

Kelemahan

Kelemahan terbesar dari mobil mesin belakang tengah adalah ruang penumpang belakang, kendaraan yang paling banyak menggunakan mesin belakang tengah adalah kendaraan dua tempat duduk. Ferrari Mondial adalah satu-satunya contoh sukses convertible bermesin belakang tengah dengan 4 tempat duduk.

pada mesin yang terletak di belakang penumpang membuat mesin didinginkan lebih sulit. Ini telah menjadi masalah di beberapa mobil , Tapi masalah ini tampaknya telah banyak diselesaikan dalam desain baru. Misalnya, Saleen S7 memasang ventilasi besar di bagian samping dan belakang untuk membantu mengusir panas dari mesin tenaga besarnya.

Mobil bermesin tengah lebih berbahaya daripada mobil bermesin depan jika pengemudi kehilangan kendali

Jenis

FMR layout – Front Mid-engine / Rear-wheel drive
Mesin depan-tengah/penggerak roda belakang

FM4 layout – Front Mid-engine / Four-wheel drive
Mesin depan-tengah/penggerak empat roda

RMR layout – Rear Mid-engine / Rear-wheel drive
Mesin tengah belakang/penggerak roda belakang

M4 layout – Rear Mid-engine / Four-wheel drive
Mesin tengah-belakang/penggerak empat roda

MF layout – Front Mid-engine / Front-wheel drive
Mesin tengah-depan/penggerak roda depan

Referensi
-http://en.wikipedia.org/wiki/Mid-engine_design
-http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_tengah

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!