Selasa, 26 Maret 2013

Mobil Sport

 
Mobil sport adalah mobil yang mengutamakan pengendalian dan performanya. Pada umumnya mobil sport berbentuk coupe 2 pintu, namun ada pula yang merupakan versi kemampuan tinggi dari sedan atau hatchback. Bentuk coupe sendiri ada yang benar-benar 2 pintu, dan ada yang liftback 3 pintu. Selain itu ada juga model convertible yang atapnya bisa dibuka.

Banyak mobil sport yang berkapasitas 4 orang.banyak juga yang hanya 2 orang.produsen mobil sport berusaha meningkatkan kepraktisan salah satu cara adalah sopir di tengan dan dua penumpang di pinggir tetapi sopir sulit masuk dan keluar.

Umumnya mobil sport menggunakan Kofigurasi mesin depan penggerak roda belakang.

untuk distribusi berat merata mesin diletakkan di belakang di depan roda belakang.beberapa produsen menggunakan kofigurasi ini seperti ferrari,lamborghini.

Porsche adalah salah satu produsen yang masih menggunakan kofigurasi mesin di belakang roda belakang.kofigurasi ini membuat traksi yang baik tetapi karena berat di belakang roda belakang kofigurasi ini rentan oversteer atau mobil hilang kendali.

Beberapa mobil sport menggunakan kofigrasi mesin depan penggerak roda depan

Jenis mobil sport

1.Mobil sport

2.Grand tourer
Aston Martin DB9

Mempunyai mesin dan ukuran bodi lebih besar daripada mobil sport, juga lebih mahal, tapi tidak semahal mobil super. Biasanya menggunakan kofigurasi mesin depan penggerak roda belakang dan kapasitas tempat duduk untuk 4 penumpang (2+2).

3.Supercar
Bugatti Veyron

Supercar mempunyai peforma di atas rata-rata mobil sport.Mobil super biasanya mempunyai bentuk ultra eksotik dan sangat mahal, biasanya di atas 1 milyar.biasanya hanya berkapasitas 2 orang.sebutan mobil super ini masih sangat subjektif dan masih diperdebatkan, terutama di antara penggemarnya.

4.Mobil Musle
1970 The Machine

Istilah Mobil Muscle umumnya mengacu pada penngerak roda belakang mobil mid-size dengan mesin V8 , diproduksi di Amerika Serikat.Beberapa orang mendefinisikannya sebagai kendaraan 2 pintu, namun lain termasuk 4-pintu kendaraan dalam definisi. Meskipun pendapat berbeda, secara umum diterima bahwa mobil otot klasik yang diproduksi pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970. Muscle mobil juga diproduksi di Australia dan negara-negara lain.
Contoh mobil otot Amerika dari tahun 1960-an dan 1970-an:
• Ford Torino
• Plymouth Road Runner
• Pontiac GTO
Contoh mobil otot Australia:
• Ford Falcon
• Holden Monaro
• Valiant Charger

5.Mobil Pony
1966 Ford Mustang

Mobil pony berasal dari Amerika.mobil ini diluncurkan dan terinspirasi oleh Ford Mustang pada tahun 1964. Ini menggambarkan terjangkau, kompak, mobil yang sangat bergaya dengan citra sporty atau memproritaskan peforma.
Contoh mobil pony:
• AMC Javelin
• Chevrolet Camaro
• Dodge Challenger

Referensi
- http://en.wikipedia.org/wiki/Sports_car
- http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_sport
- https://en.wikipedia.org/wiki/Car_classification

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!