Jumat, 29 Maret 2013

Mesin W


Mesin W adalah kofigurasi mesin yang memiliki cabang seperti hutuf w.mesin ini di sukai oleh pemilik mobil sport, muscle car, dan para-para tuner. Mesin ini terbilang rumit konstruksinya serta memiliki banyak komponen dan minyak pelumas. Namun, performa mesin W ini terbilang luar biasa dan ini terbukti pada mobil-mobil yang menggunakannya.Kapasitas mesin yang digunakan mesin w 4000 cc keatas dan jumlah silinder 8 silinder ke atas.mesin ini boros bahan bakar sehingga menguras kantong pemiliknya hanya untuk membeli bensin.


Jenis-jenis mesin W

1. 3 cabang silinder

Jenis ini mempunyai 3 cabang silinder yang terhubung dalam 1 crankshaft. Salah satu mesin berkonfigurasi W yang pertama dibuat adalah mesin W3 (3 silinder) yang dibuat oleh Anzani tahun 1906, yang digunakan di sepeda motor. Mesin W3 ini juga yang dipasang di pesawat Blériot XI, pesawat yang dikendarai oleh Louis Blériot pada tanggal 25 Juli 1909, ketika ia melakukan penerbangan perdana melintasi Selat Inggris. Tak lama kemudian, konfigurasi W3 diperbesar sudutnya menjadi 120°, sehingga muncullah konfigurasi mesin radial 3 silinder yang menggantikan W3.
Mesin pesawat Napier Lion tahun 1917 menggunakan Mesin W12.
Mesin W12 juga pernah dicoba oleh Audi, tapi akhirnya proyek ini diabaikan. Grup Volkswagen juga membuat eksperimen dengan Mesin W18 untuk mobil konsep Bugatti EB 118 dan Bugatti EB 218, tapi desainnya tidak pernah bisa terealisasi.

2. 4 cabang silinder
 Jenis ini mempunyai 4 cabang silinder.mesin ini sering di sebut "VV" ("vee-vee" atau "dobel-vee"), untuk membedakannya dengan desain asli mesin W yang memakai 3 cabang silinder.mobil yang pernah memakai mesin ini adalah Volkswagen Phaeton, Volkswagen Touareg, Audi A8, dan Bentley Continental GT — nantinya, mesin ini akan dimodifikasi lagi oleh Bentley, dan ditambahi twin turbocharger. Hasilnya adalah tenaga yang lebih besar daripada mesin aslinya.
Grup Volkswagen memproduksi prototipe mesin W16 yang dapat menyemburkan tenaga 465 kilowatt (632 PS; 624 bhp) untuk mobil konsep Bentley Hunaudières. Versi quad-turbocharger (4 turbocharger) dari mesin ini akhirnya meenjadi mesin dari Bugatti Veyron EB16.4, yang dapat menghasilkan tenaga 736 kilowatt (1,001 PS; 987 bhp).
Keuntungan dari mesin berkonfigurasi ini adalah ringkas, meskipun jumlah silindernya banyak, tapi dimensinya cukup kompak.

3. 2 cabang silinder,2 crankshaft

Referensi
- http://ryandiadlan.blogspot.com/2010/10/pilih-mana-gan-mesin-konfigurasi-i-v.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_W

1 komentar:

Tolong beri komentar!