Minggu, 31 Maret 2013

Sasis Monokok

 
Monocoque (Monokok) berasal dari bahasa Perancis yang berarti cangkang tunggal (mono berarti tunggal dan coque berarti cangkang). Konstruksi Monokok berarti konstruksi yang dapat mendistribusikan seluruh gaya keseluruh cangkang seperti halnya kulit telur. kebanyakan kontruksi ini dipakai untuk jenis mobil sedan dan kendaraan-kendaraan yang peruntukannya buat kebutuhan ringan lain.Mobil yang memakai sasis ini salah satu contohnya adalah toyota avanza,toyota Rush.

Dalam Konstruksi ini sasis dan rangka mobil di buat menyatu sehingga beberapa komponen bodi kendaraan menjadi lebih kuat dan kokoh.rangka jenis monokok tercipta dari lembaran-lembaran pelat yang dilas.sasis monokok lebih nyaman, juga lebih aman dalam melindungi penumpangnya saat terjadi insiden kecelakaan.Hal ini karena sasis monokok menggunakan material logam baja yang lebih banyak, sehingga areal padat (crumple zone) pada struktur bodi dapat dicapai lebih baik.

Kelebihan kontruksi ini adalah Berat total bisa berkurang signifikan, sehingga efisiensi bbm dan responsiveness meningkat,mobil menjadi lebih rigid,handling akan relatif lebih baik.serta kerja rem lebih ringan. Tinggi kendaraan pun dapat direndahkan.

kelemahannya adalah sasis ini bila mengalami kecelakaan maka tidak dapat diperbaiki lagi, apalagi kecelakaannya fatal dan seluruh bodi remuk.

Konstruksi ini pertama sekali dikembangkan pada industri pesawat terbang pada awal tahun 1930-an, dan kemudian dikembangkan pada kendaraan bermotor, kapal, sepeda[1],bangunan.

Referensi
- http://gibran-de-leonardo.blogspot.com/2011/11/apa-itu-monokok.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Monokok
- http://bahasotomotif.com/2012/08/persamaan-dan-perbedaan-sasis-ladder-dan-sasis-monocoque/
- http://ridersdrivers.com/berita-941-mengenal-kelebihan-sasis-monokok.html
- http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/04/12/329735/15/5/All-About-Chassis-Ladder-vs-Monocoque

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!