Rabu, 27 Maret 2013

Antilock Braking System(ABS)

Banyak konsumen mobil yang salah persepsi abs dan menganggap sepele fungsi fitur rem Antilock Braking System(ABS). Padahal, fitur ABS sangat besar manfaatnya bagi keselamatan berkendara, terutama saat pengereman mendadak terlebih dilakukan di jalan yang licin. banyak pengemudi yang memahami rem sebagai penghenti laju kendaraan. Padahal, fungsi rem hanyalah mengurangi putaran roda

ketika mobil direm mobil akan menerima gaya sentrifugal. Semakin kencang pergerakan mobil maka semakin besar potensi gaya sentrifugal yang diterimanya ketika dilakukan pengentian mendadak. Efek dari gaya sentrifugal akan melempar mobil lurus ke depan.sebelum terjadi kecelakaan sering sopir menekan rem dengan kuat sehingga rem akan terkunci sambil membelokan mobil. ketika gaya sentrifugal diterima mobil posisi roda depan sedang dalam keadaan miring akan menyebabkan mobil hilang kendali bahkan terbalik.

Antilock Braking System(ABS) mencegah rem terkunci, sehingga potensi gaya sentrifugal yang mendorong mobil ikut terkurangi,mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari pada ABS (antilock braking system) lebih cepat melakukan pengereman dari pada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan dua buah rem cakram dan dua buah tromol tekanan gas yang di setting oleh pabrik.
 saat sensor mendeteksi roda terkunci.komputer memeritahkan piston rem untuk kembali ke posisi normal sehingga roda dapat berputar kembali.kemudian rem akan mengerem lagi. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik.
Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari pada ABS (antilock braking system) lebih cepat melakukan pengereman dari pada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan dua buah rem cakram dan dua buah tromol tekanan gas yang di setting oleh pabrik.

Referensi
- http://www.inilah.com/read/detail/2217/manfaat-fitur-abs/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_rem_anti_terkunci

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!