Dalam beberapa minggu terakhir demam mobil nasional atau
mobnas kembali mesncuat.sejak PT Adiperkasa Citra Lestari menandatangani MoU
dengan Proton untuk membuat mobnas.
Indonesia banyak
mempunyai program mobnas sperti maleo,bimantara,bakrie,timor tapi semua
berakhir dengan kegagalan.Saat ini mobil nasional yang masih bertahan adalah AG-Tawon,
GEA, Kancil, Wakaba, Merapi dan Boneo merapatkan barisan membentuk sebuah
perkumpulan bernama Asosiasi Industri Automotive Nusantara (Asia Nusa).dan esemka
yang merupakan mobil rakitan oleh anak smk.Ada juga Elvi mobil listrik yang
diprodukasi PT. Grain.
Sebenarnya apakah
definisi dari mobil nasional tersebut?
pemilik perusahaan pemegang saham mobnas harus 100% orang
Indonesia. pemegang hak patennya adalah orang Indonesia, pemegang mereknya
adalah orang Indonesia.dan Dirakit sepenuhnya oleh insinyur dalam negeri.
Bagi para industrialis Indonesia yang bekerja untuk perusahaan
asing, definisi mobil nasional kebanyakan adalah sebuah mobil yang dirakit di
Indonesia dengan komponen dan tenaga kerja Indonesia.
Indonesia harus mempunyai mobnas, masak otomotif Indonesia akan
bergantung dengan luar negri terus,pasar otomotif yang besar ini selamanya akan
dikuasai oleh luar negeri.pasar otomotif yang besar ini harus dimanfaaatkan
oleh orang Indonesia.
membangun mobil nasional tidaklah mudah,membangun industri
mobil nasional perlu bimbingan dan pembangunan jangka waktu yang panjang,selain
itu mobnas membutuhkan modal yang tidak sedikit. pemerintah harus belajar dari
gagalnya mobil nasional yang lalu seperti mobil nasional Timor pada era
Presiden Soeharto. Dulu, seluruh proyek ini dilimpahkan kepada putera Soeharto,
Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) yang akhirnya mendirikan PT Timor Putra
Nasional (TPN) sebagai produsen mobnas secara massal.
Timor |
TPN pun memutuskan bekerja sama dengan perusahaan otomotif
terbesar ketiga Korea Selatan, KIA untuk memproduksi generasi pertama mobnas
yang diberi nama Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat) dengan melibatkan
insinyur-insinyur tanah air. Itu sebabnya TPN mengklaim Timor buatan Korea
Selatan sebagai mobnas. Hanya saja, Timor pada dasarnya hanyalah KIA Sephia
rakitan 1995
Tidak mustahil membuat mobnas,Jika pemerintah mendukung ,apalagi
sdm Indonesia juga tidak kalah dengan asing,banyak insinyur Indonesia yang juga
tidak klah dengan luar negeri.banyak insinyur dan desainer mobil Indonesia yang
bekerja di perushaan otomotif luar negri.indonesia juga banyak karoseri yagn
tidak diragukan yang sudah berpenglaman membuat bodi bus dan bodi mobil.
kalau menurut saya pemerintah seharusnya membuat suatu
platform bekerja sama dengan perusahaan otomotif mapan, paltform itu berisi
sasis,mesin dan komponen penting laiinnya.selanjutnya platform itu dapat
digunakan karoseri untuk membuat bodinya.platform tidak hnya untuk mobil tapi
juga bus dan kendaraan lainnya.banyak karoseri Indonesia yang sasis dan
mesinnya dari luar negeri.biarlah karoseri yang mengembangkan bodinya. Dan karoseri
itu biar mengembangkan sendiri bagian mobil lainnya.
Referensi :
-
Pendapat pribadi.
0 komentar:
Posting Komentar
Tolong beri komentar!