Suspensi berfungsi menyerap guncangan akibat jalan yang kasar sehingga memberikan kenyamanan kepada pengendara mobil dan mobil mudah dikendalikan.
Komponen
Pegas
berfungsi menyerap kejut dari jalan dan getaran roda agar tidak diteruskan ke bodi kendaraan secara langsung. Selain itu, pegas juga berguna untuk menambah daya cengkerem ban terhadap permukaan jalan.
Tipe pegas
1. Pegas ulir yang dibuat dari batang baja dan memiliki bentuk spiral.
2. Pegas daun dibuat dari bilah baja yang bengkok dan lentur.
3. Pegas yang dibentuk dengan mesin (Machined spring)
Peredam kejut
Berfungsi untuk meredam getaran yang di terima pegas
Ball joint
Ball joint selain berfungsi sebagai sumbu putaran roda juga menerima beban vertikal maupun lateral. di dalam ball joint terdapat gemuk untuk melumasi bagian yang bergesekan. Pada setiap periode tertentu gemuk harus diganti.
Stabilizer bar
Stabilizer bar (batang penyetabil) berfungsi mengurangi kemiringan mobil akibat gaya sentrifugal pada saat mobil membelok. Disamping itu, untuk menambah daya jejak ban. Pada suspensi depan,
stabllizer bar biasanya dipasang pada kedua lower arm melalui bantalan
karet dan linkage, Pada bagian tengah diikat ke rangka atau bodi
pada dua tempat melalui bushing.
Strut bar
Strut bar berfungsi untuk menahan lower arm agar tidak bergerak
mundur pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan yang tidak
rata atau dorongan akibat terjadi pengereman.
lateral control rod
komponen ini dipasang di antara poros penyangga (axel) dan bodi mobil. Fungsinya untuk menahan axel selalu pada posisinya bila menerima beban samping.
Terdapat 2 jenis suspensi mobil yaitu
Suspensi dependen
antara roda kiri dan kanan tidak saling terhubung.roda dihubungkan ke mobil mengunakan lengan sususpensi.
Jenis
Double Wishbone
Jenis ini menggunakan 2 buah lengan ayun yang besar sehingga sangat kokoh dan kuat serta stabil pada kecepatan tinggi.sistem ini ada yang menggunakan pegas koil ada juga yang menggunakan pegas batang torsi.pegas batang torsi berpegas jika di putar
Mac Pherson Strut
konstruksinya tidak terlalu rumit dan hanya digunakan pada kendaraan ringan seperti sedan.sistem ini hanya menggunakan satu lengan ayun bawah. Tingkat kenyamanan dan stabilitas di bawah tingkat double wishbone,namun untuk perawatannya lebih mudah
Multi-Link
Sistem suspensi ini menggunakan banyak batang penghubung. Sistem ini mampu meredam tidak hanya gaya vertikal tetapi juga dapat menahan gaya lateral atau arah samping. Ketiga sistem suspensi tersebut biasanya untuk roda depan
Suspensi independen
antar roda kiri dan kanan terhubung oleh poros kaku.suspensi biasanya dipakai oleh kendaraan niaga dan truk-truk.
Jenis
Pegas Daun Paralel
ini sering dipakai pada kendaraan berat atau bermuatan
4 Link
ada 4 titik penopang yang membantu suspensi ini, lengan atas, lengan bawah, lateral control rod dan stabilizer.sistem ini cukup nyaman, walaupun dengan gardan konvesional sedan lama sering menggunakan ini.
Pegas Daun Paralel dengan Helper Spring
ini merupakan suspensi kendaraan bermuatan besar
Referensi
-http://suprianto-06.blogspot.com/2012/03/sistem-suspensi-mobil.html
-http://rumahcahaya.com/suspensi-mobil-dan-karakternya/
-http://agungsevi.wordpress.com/
-http://id.wikipedia.org/wiki/Pegas
mau tanya sob, suspensi batang tu ada ngak ya? kok ane disuruh nyari materi suspensi batang, makasih atas jawabannya.
BalasHapus