Rabu, 27 Februari 2013

Sejarah Mobil


 Nicolas Joseph Cugnot
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) yang artinya adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri.
Mobil pertama kali dibuat pada akhir abad ke 18   kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18.  Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Di Inggris mobil bertenaga mesin uap di kembangkan oleh Lunar Society.Peningkatan mesin uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.  Mobil tenaga bensin pertama kali yang dibuat di Britania, Birmingham, Inggris pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
                                            Karl Benz                                         Motorwagen
Mesin berbahan bakar bensin ditemukan oleh Karl Benz dan mempatenkannya pada tahun 1879. Pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga meneliti tentang mesin berbahan bakar bensin. Tetapi Benz dapat menyelesaikan terlebih dahulu.
pada tahun  1885 Karl Benz membangun Motorwagen, mobil pertama yang dijual secara komersil  . Pada tahun 1926 perusahaan Karl Benz dan Gottlieb Daimler bergargabung dan bernama Daimler-benz kemudian berganti nama menjadi Mercedes benz.
Rudolf  Diesel
Pada tahun 1892 Rudolf  Diesel menemukan mesin diesel. Mesin diesel adalah mesin pemicu komperensi dimana dinyalakan oleh sushu tinggi gas yang dikomperensi.Gas dikomperensi oleh piston yang merapat sehingga menghasilkan suhu yang tinggi. Rudolf diesel menerima paten atas ciptaannya pada tanggal 23 Februari 1893.  Kemudian  rancangan ini diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

Pada tanggal 5 November 1895 AS memberikan paten kepada George B.Selden untuk mesin mobil dua tak. 
Henry Ford
Pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia. sekarang kendaraan mobil terus berkembang sesuai perkembangan teknologi.
     
Diolah dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!