Selasa, 26 Februari 2013

Mesin Bensin

Sebelum dimasukkan kedalam mesin , bensin harus dicampur dengan udara terlebih dahulu. Bensin dicampur dengan udara menggunakan karburator, sedangkan mesin-mesin modern menggunakan injeksi bahan bakar . Mesin berbahan bakar bensin mempunyai dua jenis katup yaitu katup masuk dan katup buang. Katup masuk berfungsi membuka saluran campuran bensin dan udara, sedangkan katup buang bertugas membuka saluran pembuangan. Saluran pembuangan dihubungkan ke kenal pot. kebanyakan mobil memiliki 4 silinder. Silinder adalah tempat campuran udara dan bensi dibakar oleh busi.

cara kerja
pertama katup masuk terbuka kemudian piston bergerak kebawah sehingga menghisap campuran bensin dan udara.katup masuk dan katup buang menutup.piston bergerak ke atas lagi  sehingga campuran bensin dan udara terkompresi, pada saat piston hampir mencapai atas campuran bensin dan udara dibakar oleh busi sehingga menimbulkan ledakan.kemudian piston bergerak kebawah. katup buang terbuka piston bergerak ke atas lagi sehingga asap akan keluar. proses ini terjadi berulang-ulang.jenis mesin ini adalah mesin 4 tak.gerakan naik turun disalurkan ke crankshaft menggunakan connecting rod/batang penghubung.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!