Kamis, 05 September 2013

Wiper

Wiper adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca pada saat hujan turun atau bila ada debu, lumpur atau benda lain yang mengotorinya. Pada mobil modern penghapus kaca mempunyai tiga kecepatan yaitu sekali-kali/ intermittent (sebagian dengan pengatur waktu), sedang dan cepat, sehingga pemakaian penghapus kaca dapat disesuaikan dengan hujan yang terjadi kalau gerimis digunakan sekali-kali dan kalau lebat sekali digunakan yang cepat.

 Penggerak wiper biasanya menggunakan motor listrik, tetapi ada juga yang menggunakan tekanan angin pada mobil truk besar. Mobil-mobil tua ada juga yang digerakkan dengan perbedaan tekanan saluran buang/manifold mesin.

Komponen

Lengan
Lengan wiper adalah penghubung antara bilah wiper dan motor. ukurannya dirancang untuk menutupi maksimum kaca, dan memberikan bilah wiper jangkauan maksimum. Lengan wiper menekan bilah wiper terhadap kaca, memastikan membersihkan atau mengelap maksimum dan efisien.

Bilah Wiper

Bilah Wiper merupakan komponen utama wiper, membersihkan atau mengelap kaca hingga bersih. Bilah Wiper terbuat dari karet yang menyediakan fleksibilitas dengan rangka logam atau plastik.bilah wiper dirancang sedikit fleksibel untuk mencocokkan kelengkungan kaca sehingga lebih efektif.


Motor

Yang paling penting bagian wiper adalah motor yang membuat gerakan wiper.

Cara Kerja
Sumber gambar
https://en.wikipedia.org/wiki/Windscreen_wiper
Roda-roda gigi dan lengan mengkonversi gerakan rotasi motor menjadi gerakan bolak-balik.Motor juga membuat gerakan intermiten(gerakan sesekali) wiper, yang dikontrol oleh sirkuit elektronik.


Geometri

Tipe ini adalah yang paling banyak dipakaiContoh mobil yang menggunakan Mercedes-Benz W114, W168, W169; VW Sharan, Mitsubishi Delica, Honda Civic, Oldsmobile Cutlass Supreme (generasi ke lima), some minivans, some school buses, Peugeot 307, Ford Focus (third generation), Peugeot 308, Citroën C4, Citroën Xsara Picasso, Mitsubishi Grandis, Opel ZafiraDigunakan mobil tentara amerika,jeep,dan beberapa bus
contoh mobil yang menggunakan Subaru XT, Mercedes-Benz W124, W201, W202, W210
Contoh mobil yang menggunakan SEAT Altea, SEAT León Mk2, SEAT Toledo Mk3Digunakan mobil pemadam kebakaranDigunakan bus,bus sekolah,Mercedes-Benz O305

Contoh mobil yang menggunakan MAN, Toyota FJ Cruiser, Jaguar E-type, MGB, MG Midget, Austin Healey Sprite,truk-truk
Sejarah

Wiper ditemukan oleh Mary Anderson.saat itu ia sedang pergi dalam hujan salju.kemudian ia melihat pengemudi truk sesekali berhenti untuk membersih kan kaca.melihat hal itu,kemudian ia merancang wiper yang digerakkan oleh tali. kemudian ia merancang wiper yang digerakkan oleh tuas,versi nya wiper mirip dengan wiper ditemukan pada banyak model mobil awal.

Mary Anderson mendaftarkan patennya (US 743.801) untuk wiper pada tahun 1903, sayangnya saat itu tidak ada produsen mobil yg mau menggunakan wiper karena mereka berpendapat itu hanya buang-buang uang.pada tanggal 18 Juni 1903 paten wiper Mary Anderson dikeluarkan oleh Kantor Paten Amerika Serikat pada tanggal 10 November 1903.seiring dengan berkembangnya industri mobil, produsen pun kemudian mulai memasang wiper pada tahun 1913.

pada tahun 1903 James Henry Apjohn (1845-1914) dari irlandia menemukan metode bergerak dua tangkai ke atas dan ke bawah pada kaca depan vertikal. kemudian dipatenkan di Inggris.

Pada bulan April 1911, paten untuk wiper kaca depan didaftarkan oleh Sloan & Lloyd Barnes, agen paten dari Liverpool, Inggris, untuk Gladstone Adams dari Whitley Bay. Desain pertama untuk wiper kaca depan mobil juga didaftarkan oleh pianis Józef Hofmann, dan Munisi Mills, Birmingham yang juga mengklaim telah menjadi paten pertama wiper di Inggris.

John R. Oishei (1886-1968) mendirikan Tri-Continental Corporation, kemudian memperkenalkan wiper pertama untuk ditempatkan di dua potong kaca depan yang banyak digunakan pada waktu itu.Hari ini Trico adalah salah satu produsen sistem wiper,wiper blade dan refill terkemuka di dunia dengan pabrik wiper di lima benua.

Bosch memiliki pabrik wiper di Tienen,Belgia yang terbesar di dunia yang memproduksi 350.000 bilah wiper setiap hari.

William M. Folberth mengajukan permohonan paten untuk wiper otomatis pada tahun 1919, kemudian diberikan pada tahun 1922. Ini adalah mekanisme wiper otomatis pertama.Trico kemudian menyelesaikan perselisihan paten dengan Folberth dan membeli Folberth's Cleveland company, the Folberth Auto Specialty Co.sistem vakum dengan cepat menjadi perlengkapan standar pada mobil.prinsip vakum di digunakan sampai sekitar 1960. Pada akhir 1950-an, fitur umum pada kendaraan modern pertama muncul,wiper secara otomatis untuk dua atau tiga kali gerakan lewat tombol, sehingga tidak perlu secara manual menghidupkan wiper. Hari ini, sebuah timer elektronik digunakan yang awalnya sebuah silinder vakum kecil mekanis terhubung ke switch yang diberikan penundaan dengan cara vakum dibuka.

wiper intermitten

Pada tahun 1963 Robert Kearns menemukan wiper intermitten atau wiper yang bergerak sesekali.Ide pembuatan kipas kaca ini ia dapat setelah sebuah insiden pada malam pernikahannya ditahun 1953, ketika penutup sampanye yang ia buka mengenai mata kirinya, yang membuatnya hampir buta. Hampir satu dekade kemudian, pada 1963, Kearns sedang mengendarai Ford Galaxy melalui hujan gerimis, dan gerakan konstan kipas kaca mobil membuatnya teringat pada model mekanisme mata manusia, yang berkedip setiap beberapa detik, daripada terus menerus.[5]

Kemudian Kearns mulai melakukan riset digarasinya untuk mewujudkan mimpinya tentang wiper yang dapat ‘berkedip’. Setelah berhasil mewujudkan ide dan mimpinya, atas saran dan bantuan temannya, Kearns kemudian mencoba mendemontrasikan karyanya kepada Ford Motor Corporation. Tertarik dengan karya Kearns, proses negosiasi pun dilakukan dan Kearns meminjamkan prototipe wiper buatannya kepada Ford. Akan tetapi tanpa alasan yang jelas, beberapa bulan kemudian tiba-tba Ford membatalkan proses perjanjian tersebut.

Kearns yang merasa kecewa kemudian berusaha mencari tahu alasan pembatalan tersebut. Sehingga ketika Ford mengeluarkan varian Mustang terbaru, Kearns berusaha menyelinap untuk melihat peluncuran produk tersebut. Alangkah terkejutnya Kearns ketika mendapati bahwa karyanya yang ditolak Ford tanpa alasan yang jelas ternyata terdapat pada produk terbaru Mustang dan dijadikan nilai jual utama dari Ford Mustang.

Merasa idenya dirampok dan diperlakukan sewenang-wenang, Kearns kemudian tidak tinggal diam dan berniat menuntut hak atas karyanya. Ia pun bangkit bergerak dan mulai melakukan perlawanan terhadap Ford. Dimulai dengan mendaftarkan perkara tersebut ke pengadilan, kemudian Kearns pun mulai mengajukan gugatannya tanpa didampingi pengacara. Hari demi hari berlalu dan ternyata perlawanan melawan korporasi raksasa tidaklah mudah, memakan waktu yang lama dan sempat membuat Kearns dijauhi keluarganya dan bahkan bercerai dengan istrinya. Akan tetapi Kearns yang keras kepala dan sangat idealis tidak menyerah begitu saja dengan keadaan dan terus menuntut pengakuan atas ciptaannya.

Pelan tapi pasti, jalan berliku yang dilalui Kearns dalam menuntut pengakuan atas ciptaannya mulai mendapatkan support dari berbagai pihak. Dimulai dari support anak-anaknya setelah beberapa tahun perkara tersebut bergulir. Dengan didampingi anak tertuanya yang kuliah disekolah hukum, perlawanan Kearns terus berlanjut. Dan akhirnya perjuangan Kearns tidaklah sia-sia, ketika perjuangan Kearns melewati 1 dekade, Kearns pun akhirnya dinyatakan menang dan Ford Motor Corporation diharuskan membayar sejumlah uang kepada Kearns.

Referensi
-http://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Kearns
-http://id.wikipedia.org/wiki/Penghapus_kaca
-http://chirpstory.com/li/16506
-http://kacamatamakna.blogspot.com/2010/01/flash-of-genius-kisah-berliku-inovator.html
-https://en.wikipedia.org/wiki/Windscreen_wiper
-http://www.buzzle.com/articles/windshield-wiper-parts.html



0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar!